banner 468x60

Inilah Asyiknya Anak-Anak Dengarkan Dongeng Kak Harris dan Ayis di Saat Liburan Sekolah

iklan
Kak Harris (kanan) sedang asyik mendongeng di hadapan anak-anak di Taman Baca Masyarakat RW 3 Dukuh Kupang.

Penakita.com | SURABAYA – Suasana di Taman Baca Masyarakat (TBM) RW 3 Dukuh Kupang Surabaya, Sabtu (6/7/2019) tak seperti biasanya. Anak-anak yang biasanya asyik membaca hari itu tampak serius mendengarkan Kak Harris yang jadi ‘bintang tamu’.

Bersama boneka Ayis, Kak Harris berhasil menarik perhatian anak-anak menyimak dongeng yang sedang dituturkan. “Saya mencoba mengisi ruang kosong, yaitu saat liburan sekolah dan sekaligus menyampaikan dongeng positif,” tuturnya.

Pemilik nama Harris Rizki ini memang gencar melakukan pendekatan ke anak-anak melalui dongengannya yang atraktif bersama boneka Ayis. “Selama ini mereka kan jarang sekali mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh orang tuanya,” papar pria yang selalu tampil memakai kacamata dan hidung palsu ini.

Informasi yang diperoleh penakita.com, Taman Baca di RW 3 Dukuh Kupang ini memang selalu diwarnai kegiatan anak-anak. Selain membaca buku bacaan yang dikoleksi taman bacaan tersebut juga sering dipakai anak-anak menyelesaikan tugas-tugas sekolah.  

“Daripada main yang nggak jelas mending saya ke TBM. Di sini bisa ketemu teman-teman sambil menyelesaikan PR,” kata Okta Ade Prasetyo yang masih duduk di bangku kelas 4 sekolah dasar.

Pernyataan senada dilontarkan Bilqis yang mengaku hampir setiap sore datang ke TBM RW 3 Dukuh Kupang. Yang bikin seru, Okta maupun Bilqis selalu datang bersama teman-temannya mengerjakan tugas sekolah beramai-ramai di TBM.  

“Saya sering datang kesini sering mengajak teman-teman kampung biar mereka mempunyai hobi yang sama dengan saya, membaca,” ujar pemilik nama lengkap Bilqis Ratnanik Putri yang murid kelas 8 SMP.

Aktivitas literasi di RW 3 tersebut memang dapat dukungan penuh dari warga setempat. “Saya senang dengan adanya kegiatan yang positif karena saya ingin sekali mengarahkan warga saya untuk melek huruf,” ungkap Mujaman, Ketua RW 3 Dukuh Kupang. dit

author