banner 468x60

Inilah Keunggulan Optimo 1 Karya Mahasiswa Fakultas Teknik UB

402 views
iklan

MOTRIK_Optimo 1 FT UBPenakita | MALANG – Mobil listrik (motrik) Optimo 1 diklaim Yahya Fariza memiliki banyak keunggulan. Di antaranya, mobil yang memiliki dua kabin ini dilengkapi sistem komputerisasi dan perneling tanpa tuas.

Selain itu, baterai satu jam nonstop bisa berjalan dengan kecepatan maksimum 40 km/jam. “Kami juga instal sebuah sistem audio sehingga bisa memutar musik,” papar Yahya.

Agar tidak cepat panas, motrik berbobot 550 kg menggunakan sistem pendingin radiator. Diakui Yahya, desain motrik yang dibuat dengan biaya Rp 130 juta ini meniru mobil city car Karimun Estilo. “Mobil tersebut punya dimensi yang pas untuk diterapkan di mobil ini,” tuturnya.

Yahya yang juga Ketua Tim Optimo 1 TM FT UB ini menambahkan,“Kaca depan mobil itu kami ambil untuk mobil kami. Tapi lampu utamanya kami gunakan lampu motor matic karena pertimbangan daya. Ini motrik tercepat yang kami buat dan kami harap bisa dipatenkan,” ujar Yahya.

Sebagaimana diberitakan, Optimo 1 karya 15 mahasiswa Jurusan Teknik Mesin (TM) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) ini sangat istimewa. Proses pembuatan mobil warna biru ini bermula dari sebuah tantangan. Akhir Agustus lalu, Prof Dr Ir Mohammad Bisri, Dekan Fakultas Teknik UB, menantang para mahasiswanya untuk membuat sebuah mobil listrik hanya dalam waktu sebulan.

“Saya sangat menghargai prestasi Tim Optimo 1 TM FT UB yang berhasil menjawab tantangan saya. Motrik ini akan dikembangkan lebih lanjut agar sempurna,” tegas Mohammad Bisri.

Menurut Bistri, bahkan tidak tertutup kemungkinan Tim Optima 1 TM FT UB ini akan menjadi pionir untuk membuat transportasi umum intrakampus. “Kami ada rencana membuat bus mini untuk mobilitas para mahasiswa UB di dalam kampus. Mereka yang akan menjadi timnya karena telah mampu menjawab tantangan saya,” tuturnya. sum

author