banner 468x60

Inilah Kiat Sukses UN Siswa MTS Unggulan Amanatul Ummah

76 views
iklan

kyai asepPenakita | SURABAYA – MTS Unggulan Amanatul Ummah Surabaya punya kiat dan strategi khusus untuk sukses dalam ujian nasional (UN) pada April 2013. Strategi yang dimiliki sekolah ini cukup unik, namun terbukti efektif membuat seluruh siswanya selalu lulus UN 100 persen.

Sekolah yang terletak di Jalan Siwalankerto Utara 66 Surabaya ini, memiliki program unggulan bernama Dauroh dan evaluasi. Dauroh biasa dipahami sebagai review mata pelajaran. Untuk siswa nonakselerasi, program ini mulai diterapkan pada semester enam, sedangkan untuk siswa kelas akselerasi diterapkan pada semester empat.

“Jadi materi-materi yang selama tiga tahun telah diajarkan itu direview kembali, dan selesai diberikan hanya selama tiga minggu, plus berbagai kisi-kisi atau contoh berbagai soal UN-nya,” tutur Kepala MTS Unggulan Amanatul Ummah, Dr KH Asep Saifuddin Chalim, kepada PENAKITA.com, Senin (1/4/2013).

Pria yang lebih akrab disapa Kyai Asep ini menerangkan, setiap hari program Dauroh dibagi dalam tiga sesi. Tiap sesi menyelesaikan dua bab selama dua jam, sehingga masing-masing bab hanya satu jam saja.

“Jadi dalam satu jam itu, 20 menit untuk penjelasa teori, dan 40 menit untuk mengerjakan soal. Dengan begitu setiap harinya sejak semester empat atau enam, dalam tiga minggu saja sudah tuntas, dan siswa menguasai berbagai bentuk soal,” tutur Kyai Asep.

Setelah mengikuti Dauroh setiap harinya, siswa MTS Unggulan Amanatul Ummah juga diwajibkan mengikuti try out akbar dan evaluasi, yang diadakan setiap hari minggu. Kalau ada siswa yang tidak lulus dalam try out, akan dikelompokkan dan menerima kembali bimbingan program Dauroh tambahan.

“Untuk try out selanjutnya, para siswa yang sebelumnya tidak lulus, harus lulus. Sebab, jika tidak, mereka harus mengorbakan waktu liburan semester mereka dengan mengikuti program Dauroh kembali setiap minggunya,” papar pria yang bergelar sebagai Doktor Honoris Kausa ini. ika

author