banner 468x60

Inilah Prestasi Membanggakan Anak Inklusi Jawa Timur

439 views
iklan

Olimpiade Sains NasionalPenakita | SURABAYA – Jawa Timur dinobatkan sebagai Juara Umum di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) 2013. Prestasi gemilang kontingen Jatim yang didukung 11 anak berkebutuhan khusus (ABK) ini sukses meraih tiga emas, dua perak, tiga perunggu, serta juara harapan.

Menurut Nuryanto, Kepala Bidang TK, SD dan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, hasil kontingen Jatim kali ini lebih baik daripada yang diperoleh pada tahun lalu. “Tahun 2012 kami di peringkat ke dua, sedangkan tahun 2011 peringkat ketiga,” ujar Nuryanto.

Lebih lanjut, Nuryanto mengungkapkan, penghargaan yang diraih kontingen Jatim itu untuk kategori Cerdas SD, Cerdas SMP, dan IT SMP (3 emas). Sedangkan perak didapat dari nomor IPA SMA dan karya ilmiah SMA. Perunggu dari bidang Matematika Satematika SMA, dan matematika SMA. Selain itu juga Juara Harapan dari bidang IPA SMP.

Dari 11 siswa ABK yang ambil bagian, hanya dua yang gagal meraih juara, salah satunya karena diskualifikasi. “Ini pertama kalinya kami meraih Juara Umum di OSN,” paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Dr Harun MM pun mengaku bangga atas prestasi yang diraih siswa ABK itu. “Ini prestasi luar biasa. Dari enam kali penyelenggaraan, kami bisa juara umum pertamakali ini,”cetusnya.  ari

author