banner 468x60

Inilah Saat Tepat Bayi Dipindah dari Boksnya

421 views
iklan

Penakita | SURABAYA  – Apa yang Anda lakukan bila tiba-tiba melihat sang buah hati memanjat boks tempat tidurnya? Tidak usah panik. Karena itulah tanda bahwa dia sudah waktunya dipindah dari ruangan yang selama ini digunakannya tidur.

Dari sisi usia, disarankan setelah 2,5 tahun hingga paling lambat 3 tahun. Namun, tolok ukur paling utama adalah ketika bayi imut ini sudah bisa memanjat boks tempat tidurnya. Kondisi yang terakhir ini tentu akan membahayakan jika Anda tidak segera memindah bayi ke tempat tidur.

Lalu bagaimana memulai anak pindah ke tempat tidurnya sendiri?
1. Ajak anak untuk memilih calon tempat tidur maupun seprai tempat tidurnya. Anak akan lebih suka tidur di tempat yang merupakan pilihan atau sesuai seleranya pribadi.

2. Jika Anda memiliki ruangan tersendiri, biarkan boks bayi anak ada di sana sembari memperkenalkan anak memiliki kamar pribadi. Lalu, biarkan anak tidur di tempat tidurnya untuk memulai pengalaman barunya.

3. Letakkan tempat tidur baru anak di lokasi yang sama seperti boks bayinya.

4. Pastikan kamar tidur anak cukup aman bagi anak (babyproof) sehingga Anda tenang meninggalkannya di sana.

5. Bicarakan pada anak agar memahami aturan memiliki kamar pribadi. Anak harus paham jika dirinya harus bisa tidur sendiri di malam hari. Jika perlu, berikan sticker insentif (semacam reward) pada setiap kali anak mampu melewatkan malam hari sendiri di kamar tidurnya. Jadikan sistem reward sebagai motivasi sehingga anak mau mengikuti aturan.

author