banner 468x60

Institut Keislaman Hasyim Asy’ari ‘Naik Kelas’ Jadi Universitas

501 views
iklan

Mendikbud resmikan Univ Hasyim AsyariPenakita | JOMBANG – Provinsi Jawa Timur kembali mendapat tambahan perguruan tinggi. Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) di Kabupaten Jombang yang semula bernama Institut Keislaman Hasyim Asy’ari itu diresmikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof Dr Mohammad Nuh, Minggu (27/10/2013).

Dalam kesempatan itu, Mendikbud berharap perubahan status dari institut menjadi universitas itu bisa membuat lembaga pendidikan yang berada di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng ini memiliki potensi luar biasa, khususnya dalam mengaktualisasikan nilai-nilai tradisi yang ada di masyarakat dalam bentuk pendidikan modern.

“Dengan peresmian ini, Unhasy diharapkan dapat membangun paradigma baru dengan mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan agama maupun pengetahuan umum secara bersama sebagai kesatuan yang terpadu, dengan menempatkan Alquran dan Al Hadits sebagai sumber pengembangan keilmuan,” demikian ujar M Nuh.

Bertolak dari paradigma baru tersebut, lanjut M Nuh, maka ilmu-ilmu yang dikembangkan di Unhasy adalah ilmu yang mampu membentuk pribadi mahasiswa dengan kualifikasi kelulusan sebagai ulama yang tafaqquh fi al-diin, dengan berbekal empat pilar utama yaitu kemantapan aqidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlaq mahasiswa, keluasan ilmu pengetahuan dan kematangan profesional.

Peresmian kampus seluas dua hektar ini dilakukan mantan Rektor ITS tersebut bersamaan dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung laboratorium Unhasy. Unhasy merupakan perguruan tinggi yang didirikan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, KH Muhammad Yusuf Hasyim dan KH Ir Salahuddin Wahid.

Usai melakukan peresmian, M Nuh juga menyampaikan orasi ilmiah pada wisuda sarjana ke-22 dan magister ke -8 Universitas Hasyim Asy’ari. Turut hadir dalam peresmian ini Staf Khusus Mendikbud Bidang Sosial dan Ekonomi Pendidikan Taufik Hanafi, Dirjen Pendidikan Menengah Ahmad Jazzidie, dan Staf khusus bidang informasi dan media Sukemi. adi

author