banner 468x60

ITS Jajal Keandalan Sapuangin Speed di Student Formula Japan

415 views
iklan

its-tampak-depanPenakita | SURABAYA – Meski sempat kecewa karena panitia lomba mobil irit Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2013, Malaysia membatalkan acara yang rencanya digeber di Sirkuit Sepang, tim Sapuangin tak kapok mengikuti even serupa. Mereka menyatakan tetap ambil bagian di kompetisi SEM Asia yang diselenggarakan bulan Februari 2014.

Selain itu, mereka juga mempersipakn kompetisi lain yang tak kalah bergengsi yakni Student Formula Japan (SFJ) 2013 yang akan digelar 3-7 September 2013 di Shizuoka, Jepang. Lomba yang diadakan Society of Automotive engineers ini memiliki konsep berbeda dengan SEM.

SFJ mengharuskan peserta merancang, membuat dan memasarkan mobil jenis formula yang memiliki efisiensi tinggi. Untuk gabung di kompetisi ini mereka terlebih dulu harus mendaftar online guna mendapat konfirmasi panitia.

Selanjutnya panitia melakukan pemeriksaan dokumen yang diberikan tim ITS ini. “Di sini harus benar-benar teliti. Selain harus ada list harga, kami juga dituntut bisa menjual mobil ini. Kami sudah mendapat surat resmi dan sertifikat untuk mengikuti lomba ini,” ucap Hulfi Mirza Hulam Ahmad, Manajer Sapuangin 8.

Ditambahkan, saat ini mobil yang diberi nama Sapuangin Speed dalam tahap penyelesaian akhir. Selain persiapan mobil yang menelan dana sebesar Rp 70 juta, tim ITS juga menyiapkan pengemudi yang punya peran penting dalam keberhasilan kompetisi tersebut.

“Semoga kami bisa berhasil menggapai kemenangan sehingga membuat bangga almamater dan negara ini,” harap Mirza yang diamini Arif Aulia Rahman, manajer tim ITS. ari

author