banner 468x60

ITS Siapkan 90 Kursi untuk Calon Mahasiswa D4 Teknik Sipil

656 views
iklan

its-tampak-depanPenakita | SURABAYA – Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) membuka jurusan baru mulai tahun ajaran 2013-2014. Hadirnya jurusan D4 Teknik Sipil ini diharapkan bisa menjawab permintaan tenaga teknik sipil yang terus meningkat.

Jurusan ini melengkapi jurusan S1 Teknik Sipil yang sudah ada di ITS, dan bakal menjadi jurusan satu-satunya di Jawa Timur. Selain di ITS, jurusan yang sama juga ada di Politeknik Negeri Jakarta, dan Politeknik Negeri Bandung.

D4 Teknik Sipil ini berbeda dengan yang strata satu (S1). Kalau S1 lebih fokus pada keilmuan dengan berbagai teori dan penelitian. Sedang D4 berupa program terapan yang bersifat vokasional,” ujar M Sigit Darmawan, Ketua Jurusan Teknik Sipil ITS.

Karena lebih ke terapan, menurut Sigit, kurikulum yang diberlakukan pun berbeda. “Sebanyak 40 persen kurikulum D4 Teknik Sipil difokuskan praktek, 60 persen lainnya teori,” ungkapnya sambil menambahkan, untuk tahun pertama, ITS akan mengambil 90 calon mahasiswa.

Pendaftaran sudah dilakukan sejak Senin (13/5/2013) dan ditutup 21 Juni mendatang. Proses pendaftaran secara online melalui website Seleksi Masuk ITS (SMITS) http://smits.its.ac.id.

Calon mahasiswa terlebih dulu harus membayar biaya ujian sebesar Rp 500.000 lewat Bank BNI atau BRI. Setelah membayar, calon peserta menerima kode akses pendaftaran (KAP) dan pin. “KAP dan pin inilah yang dipakai untuk melakukan login pendaftaran,” tuturnya.

Setelah itu, calon peserta bisa langsung mengisi formulir pendaftaran online serta mengunggah pasfoto terbaru, berwarna, ukuran 4×6 cm, berformat JPG atau PNG ukuran maksimum 100 KB. File kartu bukti pendaftaran ini lalu dicetak dan dibawa saat ujian tulis 27 Juni 2013.

Ada tiga mata pelajaran yang akan diujikan yakni matematika, bahasa inggris dan fisika. “Karena ini D4 jadi materi ujiannya juga lebih ke terapannya,” pungkas Sigit. ari

author