banner 468x60

Jadi Pikun saat Hamil, Ini Penyebabnya

480 views
iklan

during-pregnancyPenakita | AUSTRALIA – Hamil membuat banyak perubahan pada seseorang. Selain bentuk tubuh, pola makan, aktivitas sehari-hari dan kebiasaan. Dalam kondisi ini wanita kerap mengalami kepikunan.

Jika hal itu terjadi pada Anda, jangan khawatir. Karena bisa jadi Anda tidak sendiri, dan hal ini biasanya wajar dan sering terjadi pada hampir semua wanita hamil di dunia.

Berbeda pada saat kondisi belum hamil, fokus yang terpecah kadang sering membuat wanita sering lupa segalanya. Kondisi ini biasanya lantaran fokus pikiran yang terpecah. Seperti saat calon ibu mulai memikirkan “Apakah ia sudah mendapatkan gizi yang cukup?”, “Apakah Anda siap untuk melahirkan?” atau “Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kedatangannya?“.

Peningkatan jumlah hormon progesteron dan estrogen selama masa kehamilan membawa efek negatif pada sel-sel saraf bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur daya ingat dan fungsi kognitif.
Situasi ini umumnya diperparah kekurangan zat besi yang dapat menyebabkan anemia dan mengakibatkan oksigen yang dibawa darah ke otak tidak optimal dan mengganggu kerja otak.

Ditambah lagi dengan calon ibu yang mengaku sulit tidur selama masa kehamilannya. “Menjelang akhir trimester pertama amnesia ’menyerang’ karena saya terlalu lelah dan kurang istirahat. Hasilnya, seringkali saya menjatuhkan barang, memecahkan gelas saat mencuci piring. Jika dijumlah, saya sudah menghabiskan hampir dua lusin gelas sampai akhir kehamilan kedua,” tutur Daniella (36).

“Keadaan kognisi selama kehamilan dan baru melahirkan akan bervariasi antara satu orang dan lainnya, tergantung dari banyak faktor termasuk kesehatan mentalnya, perubahan hormonal dan kualitas tidur selama kehamilan,” ujar Dr Liana Leach, dari Pusat Penelitian Kesehatan Mental di Australia Universitas Nasional. adi

author