banner 468x60

Jalur Mandiri II Hanya Bagi yang Belum Lolos SNMPTN dan SBMPTN

365 views
iklan

unair - dokterPenakita | SURABAYA – Seleksi jalur mandiri gelombang kedua di Universitas Airlangga (Unair) yang dimulai Kamis (1/8/2013) dipastikan hanya bisa diikuti siswa yang belum lolos di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), maupun program diploma tertutup. Bagi yang sudah dinyatakan lulus otomatis akan ‘ditolak’ dari sistem online saat melakukan pendaftaran.

Karena penolakan dilakukan oleh sistem online pendaftaran, maka pendaftar yang sudah membayar tidak bisa menarik lagi uangnya. “Yang sudah lolos masuk di Unair, ya harus ikhlas memberi kesempatan pada lainnya,” ujar Bagus Ani Putra, Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair.

Menurut Bagus, kemungkinan mahasiswa baru (maba) untuk coba mendaftar di program studi tertentu dan kemungkinan lulus cukup besar. Hal ini tentu menutup peluang peserta yang belum lolos.

“Karena itu dibuat sistem yang kontan menolak saat mereka melakukan pendaftaran,” tandasnya.

Ditambahkan, Unair kali ini memprioritaskan menerima mahasiswa pada pilihan pertama. Pasalnya, dari pengalaman sebelumnya, pada jalur mandiri gelombang pertama yang lolos di pilihan kedua ternyata tidak melanjutkan mendaftarkan diri.

Karena tidak puas, mereka lalu mencari jurusan yang diminati di perguruan tinggi lainnya. Akibatnya banyak kursi kosong yang ditinggalkan camaba tersebut. Karena masih ada 508 kursi kosong maka diputuskan membuka kembali seleksi jalur mandiri gelombang dua. ari

author