banner 468x60

Jangan Pakai Ilmu Gaib Agar Lolos UN!

405 views
iklan
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Drs H Sudjak MAg

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Drs H Sudjak MAg

Penakita | SURABAYA – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur, Drs H Sudjak MAg, menghimbau kepada seluruh siswa dalam naungan Kemenag Jawa Timur, untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional (UN) dengan baik. Sebab, pelaksanaan UN pada April 2013 mendatang, dikatakan, berbeda dan lebih berat dari tahun sebelumnya.

“Tahun lalu soalnya hanya lima paket, tahun ini 20 paket. Pasti lebih berat, dan siswa pun tidak bisa lagi berbuat curang. Karena itu mereka harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk menghadapi UN itu,” tutur Sudjak kepada PENAKITA.com, Jumat (29/3/2013).

Persiapan akademis menurut Sudjak sangatlah penting, sebagai bekal untuk mengerjakan soal UN dengan lancar. Tapi lanjut Sudjak, persiapan mental dengan berdoa juga tak kalah penting. Sebab, sukses tidaknya dalam UN nanti, juga bergantung kepada kuasa Allah.

Kendati demikian, Sudjak mewanti-wanti secara tegas kepada seluruh siswa agar tidak menggunakan ilmu-ilmu gaib apapun untuk membantu mempermudah mengerjakan soal ujian. Hal itu memang hak azazi setiap orang dan setiap siswa, namun menurutnya, selain syirik, itu juga tak ada gunanya.

“Memang ada beberapa fenomena, ada siswa yang ‘mendoakan’ pensilnya agar bisa menulis sendiri dan bisa membantunya mengerjakan soal ujian, ada juga yang pergi ke dukun, dan sebagainya. Saya rasa itu berlebihan, dan tidak perlu seperti itu. Cukup ikhtiar dan berdoa sajalah,” pungkasnya. ika

author