banner 468x60

“Jangan Sampai Salah Pilih Sekolah dan Rayon”

466 views
iklan

dindik kota malangPenakita | MALANG – Seperti di Surabaya, pelaksanaan Penerimaan peserta didik baru (PPDB) Kota Malang 2013 juga menggunakan sistem online dan rayonisasi. Dalam satu rayon pada jenjang SMP terdiri dari 8-9 sekolah, sedang untuk jenjang SMA terdiri dari 3-4 sekolah.

Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang, Budiono, berharap orangtua tidak salah dalam menentukan rayon sekolah untuk anaknya masing-masing. “Saat mengutak-atik sekolah dalam satu rayon, orangtua dan siswa diharapkan mengukur kemampuan diri. Pertimbangan lokasi sekolah juga menentukan. Kami himbau, dipikirkan masak-masak selama dua minggu ini,” katanya.

Budi mengingatkan,“Rayon 1 dan 3 pada jenjang SMP ada sembilan sekolah, sedang rayon 2 hanya delapan sekolah. Sementara rayon 1 dan 3 pada jenjang SMA ada tiga sekolah, sedang rayon 2 ada empat sekolah.”

Dari jumlah sekolah di rayon-rayon itu, Budi mengungkap, orangtua dan siswa akan memilih sekolah-sekolah yang jadi prioritasnya. “Pertimbangkan berdasar kualitas sekolah atau kedekatan dengan rumah siswa yang bersangkutan,” ujarnya.

Budi mencontohkan untuk jenjang SMA di Rayon 2 (SMAN 2, SMAN 4, SMAN 5, dan SMAN 7), siswa bebas mengutak-atik urutan masing-masing sekolah sesuai keinginan, kebutuhan, dan kemampuannya. “SMAN 4, karena SMA Tugu (favorit), mungkin dipilih di urutan teratas. Sekolah lainnya terserah bagaimana urutannya sesuai kebutuhan yang bersangkutan, tapi semestinya berdasar lokasi yang lebih dekat dari rumah,” sarannya.

Ditambahkan pula, setelah urutan dipilih dan didaftar, sistem online PPDB Kota Malang akan menyaring berdasarkan passing grade siswa, yang dalam hal ini 70 persen nilai ujian nasional (UN), 30 persen nilai rapor, dan sertifikat prestasi.

“Nanti akan terseleksi otomatis, sesuai urutan. Kalau di pilihan pertama passing grade-nya tidak cukup, akan jatuh di sekolah berikutnya, dan begitu seterusnya,” ungkap Budi. sum

author