banner 468x60

Jawa Barat Diusulkan Jadi Provinsi Pasundan

406 views
iklan

jawa baratPenakita | BANDUNG – Komunitas Pengkaji Nama Provinsi Jawa Barat mengusulkan agar nama wilayah di ujung barat itu diganti menjadi Provinsi Pasundan. Alasannya, nama Jawa Barat tidak punya arti filosofis, yang ada hanya menunjukkan Jawa Barat adalah provinsi paling barat dari Pulau Jawa.

Padahal, menurut komunitas ini, sekarang dua provinsi yang berada di bagian barat Pulau Jawa yaitu DKI Jakarta dan Banten. “Jadi nama Jawa Barat sudah tidak relevan dengan kondisi sekarang,” tandas Asep Saeful Muhtadi, juru bicara Komunitas Pengkaji Pergantian Nama Provinsi Jawa Barat.

Komunitas Pengkaji Pergantian Nama Provinsi Jawa Barat yang menyampaikan usulan mereka ke Komisi A DPRD Jawa Barat, Kamis (25/7/2013), menyatakan pula nama Jawa Barat tidak mencerminkan ciri khas Kesundaan. Akibatnya warga Jawa Barat kehilangan jati dirinya dan tidak punya kekuatan berarti untuk berperan di tingkat nasional.

Jika nama Jawa Barat diganti, Asep berkeyakinan itu akan berdampak pada psikologis jati diri masyarakat. “Kalau selama ini banyak yang mengkritik kenapa tokoh Jawa Barat tidak ada yang maju ke nasional, karena memang jati dirinya belum ada,” cetus Asep.

Diakui Asep, Pasundan bukan satu-satunya pilihan pengganti nama Jawa Barat. Namun, setidaknya penggantian nama tersebut berdampak pada pengukuhan identitas Kesundaan yang jadi ciri khas orang Sunda.

Terpisah, anggota DPRD Jawa Barat menegaskan penggantian nama Jawa Barat harus dipertimbangkan masak-masak. Jika dilakukan dengan gegabah yang terjadi malah timbulnya marjinalisasi kesukuan. Pasalnya, suku di Jawa Barat tidak hanya Sunda.

“Penggantian nama bukan masalah sederhana, tetapi justru sangat krusial,” tandas Deden Darmansyah, anggota Komisi A DPRD Jawa Barat sambil menambahkan, penggantian nama provinsi ini tentu diiringi dengan perubahan Undang-Undang Nomor 11 tahun 1950, tentang berdirinya provinsi Jawa Barat.

Dan penggantian UU itu nantinya akan dilakukan bersama Komisi II DPR RI. “Masalahnya sangat rumit. Kalau pun nanti DPR dan gubernur setuju (nama Jawa Barat diganti), akan ada usulan ke pemerintah pusat. Selain itu untuk mengubah UU yang ada harus koordinasi dengan Komisi II DPR RI,” papar Deden.

Sementara Uu Rakmana menyatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan sejumlah daerah di Jawa Barat guna mendapat masukan seputar usulan nama provinsi tersebut. DPRD Jawa Barat, lanjut Uu Rakmana, tak ingin perubahan nama itu malah menimbulkan perpecahan. dde

author