banner 468x60

Jeli Pilih Jurusan Agar Lolos SBMPTN

394 views
iklan

SNMPTNPenakita | SURABAYA – Ketatnya persaingan di masing-masing jurusan yang dipilih calon mahasiswa diduga jadi penyebab utama gagalnya peraih nilai ujian nasional (NUN) menembus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Karena itu, lulusan SMA/SMK/MA diminta cermat menentukan pilihan jurusan agar bisa lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) nanti.

“Lolos tidaknya siswa di SNMPTN tidak hanya karena faktor siswa meraih nilai NUN terbaik, tapi juga faktor keketatan jurusan yang dipilih,” tegas Ismaini Zain, Humas SNMPTN/SBMPTN dari ITS.

Khusus untuk ITS, misalnya, jurusan yang paling banyak diminati adalah Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Sistem Informatika. “Peraih UN tertinggi sekali pun, kalau dia mengambil  Teknik Mesin dan Teknik Elektro sama saja masuk kandang macan. Karena persaingannya sangat banyak. Ini yang banyak terjadi juara sekolah atau UN tidak lolos seleksi,” bebernya.

Sebelumnya Alie Mufie, Koordinator Pengawas UN dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pun menyatakan pendapat senada. Menurut Alie Mufie, mekanisme yang salah saat melakukan pendaftaran juga bisa jadi penyebab gagalnya siswa yang bersangkutan masuk SNMPTN. ari

author