banner 468x60

Jepang Beri Beasiswa Penuh S1 Bagi Lulusan SMA/SMA yang Punya Nilai Ujian Nasional Murni Minimal 84

iklan
(foto: info-beasiswa.id)

Penakita.com | SURABAYA – Pemerintah Jepang segera membuka pendafaran beasiswa penuh bagi lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan jenjang S-1 di universitas di Jepang.

Beasiswa Monbukagakusho/MEXT yang akan dibuka di akhir bulan April 2019 ini memberikan fasilitas biaya kuliah yang ditanggung sepenuhnya –termasuk biaya sekolah persiapan, tunjangan hidup sebesar  ¥117.000/bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia–Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar, dan tanpa ikatan dinas.

Informasi yang dikutip dari info-beasiswa.id menyebutkan bahwa beasiswa ini juga menawarkan program studi yang sangat beragam, baik di bidang ilmu pasti maupun sosial, seperti Hukum, Politik, Sastra, bahasa Jepang, Ekonomi, Studi Mekanik, Studi Kimia, Kedokteran, Arsitektur, Studi Pertanian, dan masih banyak lagi. 

Untuk persyaratan umum pelamar beasiswa adalah lulusan SMA/SMK/sederajat yang berusia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun, pada tanggal 1 April di tahun keberangkatan (tahun 2020).

Nilai rata-rata Ujian Nasional murni minimal 84, bagi pelamar yang memilih bidang studi dalam kategori IPS, dan nilai rata-rata Ujian Nasional kurang dari 84, tetap bisa mendaftar bila memiliki sertifikat Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level N3.

Sedangkan bagi pelamar yang memilih bidang studi kategori IPA tidak bisa mendaftar apabila nilai Ujian Nasional-nya kurang dari 84, meskipun memiliki sertifikat JLPT.

Registrasi pendaftaran beasiswa ini dilakukan secara online melalui laman pendaftaran. Namun saat ini belum tersedia formulir pendaftaran untuk keberangkatan tahun 2020 yang biasa tersedia menggunakan bahasa Inggris atau Jepang. Untuk informasi dan prosedur selengkapnya dapat dilihat pada link www.bit.ly/ibs782. ara

author