banner 468x60

Jumlah Ponsel Akan kalahkan Populasi Manusia

448 views
iklan

gadget Penakita | AMERIKA – Dalam sebuah riset, tak lama lagi populasi jumlah manusia akan terkalahkan oleh jumlah ponsel. Jika tak ada perubahan tren, hal ini terjadi pada tahun 2014. Ya, tahun depan, pertama kalinya jumlah perangkat teknologi (gadget) jumlahnya bisa mengalahkan populasi manusia.

Riset tentang jumlah ini dilaporkan secara resmi oleh sebuah badan PBB, International Telecoms Union (ITU). Dalam prediksinya, jumlah perangkat ponsel yang hampir dimiliki satu setiap orang akan mengalahkan jumlah populasi manusia, atau dengan jumlah 7 miliar pada tahun 2014. Sebagai perbandingan, jumlah ponsel aktif saat ini 6,8 miliar, sedangkan jumlah manusia di bumi sebanyak 7,1 miliar.

Dalam penelitian yang dilakukan ITU juga mengungkap, dari jumlah populasi orang berponsel tersebut, sekitar sepertiga orang sudah terbiasa dengan fasilitas online dan menggunakan fasilitas internet setiap harinya.

Tren komunikasi dengan ponsel pada dasarnya rata terjadi hampir di seluruh dunia, dengan rata-rata orang memiliki satu ponsel. Dalam sebuah survey yang dilakukan Commonwealth of Independent States, negara-negara bekas Uni Soviet, memiliki penetrasi ponsel tertinggi. Sementara kebalikannya terjadi di Afrika, yang menunjukkan dari 100 orang hanya 63 di antaranya yang berponsel.

“Setiap hari kita semakin dekat dengan saat ketika jumlah ponsel yang digunakan sama dengan jumlah populasi di bumi. Revolusi ponsel benar-benar sebuah gerakan yang memberdayakan orang di negara berkembang dengan adanya aplikasi teknologi komunikasi dalam pendidikan, kesehatan, pemerintahan, perbankan, lingkungan dan bisnis,” kata Brahima Sanou, Direktur Biro Pembangunan Telekomunikasi ITU. adi

author