banner 468x60

Juri Coret Sejumlah Peserta Yang Tidak Jujur

308 views
iklan

lomba ochi_5755Penakita | SURABAYA – Juri Lomba Foto yang diselenggarakan PENAKITA.com menemukan sejumlah kecurangan yang dilakukan peserta. Karena itu, juri yang terdiri dari Totok Sumarno, Sueswit N April, dan Achmad Pramudito, serta Ari Prabowo terpaksa mencoret nama-nama peserta tersebut dari daftar nominator.

Untuk kategori LIKE di Fanspage Facebook/penakitadotcom misalnya, panitia menemukan bukti sejumlah peserta memakai fasilitas autolike sehingga perolehan LIKE-nya melejit lebih dari 2.000 ‘jempol’. “Setelah kami telusuri dan verifikasi, akhirkan kami pastikan peserta tersebut memakai autolike sehingga namanya langsung kami drop,” ujar Ari Prabowo, juri bagian verifikasi LIKE.

Karena temuan ini, lanjut Ari, yang nantinya ditetapkan sebagai pemenang atau Juara Favorit memang bukan peserta yang memperoleh LIKE terbanyak. “Karena yang terbanyak kan diketahui tidak jujur. Ya kami lalu ambil dari peroleh LIKE di bawahnya. Kejujuran peserta kami tuntut dalam kegiatan ini,” tandasnya.

Ketidakjujuran juga ditemukan juri pada peserta lain yang mengirim karya yang kemudian diketahui pernah menjadi nominasi kejuaraan di Piala Presiden 2012. Hal tersebut, ditegaskan Masich Prasetyo, Ketua Panitia Lomba Foto dalam rangka Hari Anak Nasional ini, menyalahi ketentuan nomor 15 persyaratan yang ditetapkan panitia.

“Peserta rupanya mencoba kelengahan juri dengan mengirim karya yang pernah diikutkan lomba dan ditetapkan sebagai nominator. Karena itu, juri juga terpaksa mencoret nama peserta itu,” kata Masich Prasetyo, Ketua Panitia Lomba Foto dalam rangka Hari Anak Nasional 2013.

Pencoretan nama peserta yang bertindak curang itu juga otomatis mengatrol peserta lain yang mendapat nilai di bawahnya. Juri kemudian memilih satu nama lagi untuk dimasukkan sebagai Juara Harapan 3.

Lomba yang menyediakan hadiah total Rp 10 juta dan didukung Grand City Mall, PT Dok & Perkapalan Surabaya (Persero), Esther House of Beauty, Kanani Skin Aesthetic Dhermatology Clinic, The Sun Hotel Sidoarjo, Ussy Shoes, serta REK Rumah Edukasi ini diikuti sekitar 500 peserta dari seluruh penjuru Tanah Air. Dari lebih 1.000 karya yang masuk akhirnya panitia menetapkan 1.048 karya yang berhak dinilai juri.

Juri selanjutnya melakukan tahapan-tahapan seleksi hingga diperoleh 100 peserta, yang kemudian disusutkan lagi menjadi 25 karya foto terbaik yang nantinya layak pameran. sum

author