banner 468x60

Jus Tomat Lebih Manjur untuk Pulihkan Stamina

404 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Stamina drop setelah olahraga atau menjalani aktivitas berat? Jangan keburu minum minuman berenergi.

Kali ini cobalah dulu jus tomat. Lewat sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa kandungan kimia dalam tomat dapat membantu memulihkan otot dan menormalkan tingkat gula darah setelah lelah berolahraga.

Sejumlah lembaga kesehatan di Yunani melakukan tes terhadap 15 atlet selama dua bulan. Mereka memperhatikan dan mempelajari tanda-tanda penting yang dialami sebelum, selama dan setelah para atlet melakukan olahraga.

Seperti dilansir dari dailymail, sembilan atlet mengkonsumsi jus tomat setelah latihan, sementara sisanya hanya minum minuman energi biasa.

Setelah dilakukan selama dua bulan, para atlet yang minum jus tomat cenderung lebih cepat mengalami pemulihan otot dan kadar glukosa kembali normal setelah latihan berat. Setelah diteliti, tomat kaya akan senyawa yang disebut lycopone yang memberi warna merah pada buah.

Ini adalah zat antioksidan yang dikenal sejak lama untuk memerangi kanker, penyakit jantung dan penyakit lainnya.  Dalam studi terbaru ini, tingkat berbahaya atas enzim dan protein yang berkontribusi pada kerusakan otak dan otot akan lebih cepat kembali normal pada para atlet yang rajin minus jus tomat setelah latihan.

Para peneliti mengatakan jus tomat sangat efektif sehingga orang yang memiliki tingkat lebih tinggi dari protein berbahaya bisa mendapatkan keuntungan hanya dalam waktu dua bulan. Penelitian ini dipimpin oleh peneliti di Laboratorium Kimia Umum Negara Yunani, dan diterbitkan dalam jurnal Food dan Toksikologi Kimia.

author