banner 468x60

Kartu Peserta Syerly Dipastikan Palsu

342 views
iklan

SBMPTN stikom11Penakita | SURABAYA – Meski diketahui memakai nomor ganda, Syerly Dwi Arliani tetap diperbolehkan melanjutkan mengerjakan soal ujian Tes Potensi Akademik (TPA). Namun, gadis berkerudung ini ditempatkan khusus ke ruang penanggung jawab lokasi.

Setelah Sherly selesai mengerjakan TPA, dia pun langsung diinterogasi. Sepanjang proses tanya jawab yang dilakukan panitia pada Syerly, raut muka Syerly yang didampingi ibunya terlihat tegang.

Dan ketika diberitahu bahwa kartu peserta nomor 3135040042 itu adalah palsu lantaran hasil rekayasa komputer, Syerly yang asal Sumenep ini pun lemas. Lulusan sebuah SMA di Sumenep ini tak bisa menahan derai air mata kesedihannya.

Namun, menurut Prof Achmad Syachrani, Wakil Ketua Panitia Lokal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Panlok SBMPTN) Surabaya, Syerly hanya korban penipuan. Syerly sama sekali tidak menyadari bahwa dia sebetulnya belum melakukan pendaftaran. Karena, proses pendaftaran dilakukan oleh Feby kakak Syerly.

Sebagaimana diberitakan, Panitia SBMPTN di Surabaya menemukan hal yang mencurigakan pada hari pertama ujian tulis, Selasa (18/6/2013). Ada dua peserta diketahui memiliki dua nomor yang sama menjalani ujian di Universitas Airlangga (Unair).

Keduanya masuk di ruangan yang sama yaitu Fakultas Ekonomi Unair. Panitia baru mengetahui ketika ujian berlangsung sampai pukul 09.30 WIB. Pemilik nomor sama itu adalah Iqbal Nursyarif F asal Bangkalan dan Syerly Dwi Arliani dari Sumenep. Setelah ditelusuri ternyata pemilik nomor yang sah adalah Iqbal.

Kejanggalan tersebut pertama kali diketahui Achmad Sholichin, pengawas ruang 211, Fakultas Ekonomi, Unair. Sholichin lalu mencocokkan kedua kartu peserta itu dengan data yang ada di panitia.

“Ternyata identitas yang ada di data kami tercatat atas nama Iqbal. Sedangkan Syerly tidak ada di data panitia,” ungkapnya. ari

author