banner 468x60

Kebanyakan Garam Buat Kita Mudah Sakit

358 views
iklan
Garam

Garam

Penakita | SURABAYA – Daya tahan Anda menurun? Bisa jadi ini bukan karena faktor panca roba semata. Karena konsumsi jenis bahan makanan tertentu ternyata juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh kita. Menurut penelitian, dalam hal ini kita mungkin terlalu banyak mengonsumsi garam.

Konsumsi garam berlebih umumnya sering berujung pada munculnya beberapa jenis penyakit, seperti multiple sclerosis, diabetes tipe 1, rematik dan sebagainya. Sebelumnya, beberapa faktor seperti infeksi udara, merokok dan kekurangan vitamin D sering menjadi faktor utama pemicu munculnya multiple sclerosis.

Namun dalam penelitian terbaru, para peneliti mengungkap, konsumsi garam yang berlebih ternyata juga berkontribusi pada pembentukan penyakit ini. Kegiatan yang dilakukan tim peneliti di RS Brigam and Women dan Broad Institute di MIT dan Harvard ini juga menyelidiki bagian dari sistem kekebalan yang terkait penyakit-penyakit tersebut.

“Butuh satu hari untuk meningkatkan kadar garam dalam perut. Ketika kita meletakkan garam tambahan di cawan petri, hal itu adalah salah satu momen ‘Aha’, dan sel berubah menjadi sel T-helper 17 penyebab munculnya penyakit ini,” kata Dr Vijay Kuchroo dari Brigam and Women’s Hospital.

Percobaan ini sebelumnya telah dikembangkan melalui tikus. “Tikus yang diberi asupan makanan kaya garam mengalami penyakit yang lebih parah dari MS. Kami sangat terkejut melihat bagaimana perubahan pada asupan garam memiliki efek yang sangat besar,” tegas David Hafler, profesor biologi kekebalan di Yale.  adi

author