banner 468x60

Keberatan Hasil TPA, Silakan Lapor Ombudsman

379 views
iklan

ppdb sby smp onlinePenakita | SURABAYA – Kantor Perwakilan Ombudsman RI Jawa Timur (Jatim) memberi kesempatan masyarakat melapor bila merasa keberatan atas sikap Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya yang tak mau membuka pembahasan TPA ke publik. Menurut Kantor Perwakilan Ombudsman RI Jatim transparansi itu diperlukan agar masyarakat tidak curiga.

“Ada saja kemungkinan siswa merasa dirinya mampu mengerjakan TPA namun tidak berhasil diterima di SMP kawasan sehingga dia menanyakan soal pembahasan TPA. Karena itu Dindik harus bisa terbuka,” tegas Agus Widiarta, Kepala Kantor Perwakilan Ombudsman RI Jatim.

Masalahnya, ditekankan Agus Widiarta,”Berani tidak pihak penyelenggara membuka pembahasan ini demi keterbukaan informasi publik.”

“Jika ingin pembahasan TPA ini dibuka oleh Dindik silakan lapor ke Ombudsman Jatim. Sebab, saat ini kami punya program pemantauan PPDB secara nasional,” imbuhnya.

Sebagaimana diberitakan, sebanyak 7.576 siswa bersaing memperebutkan 3.820 kursi di 11 SMP kawasan. Saat seleksi masuk SMP kawasan, Sabtu (22/6/2013) ribuan siswa menghadapi TPA yang menjadi syarat masuk SMP kawasan.

TPA ini berisi 185 soal, terdiri dari 65 tes verbal, serta masing-masing 60 soal tes numerikal dan figural. Soal-soal tersebut harus dikerjakan selama dua jam, mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. ari

author