banner 468x60

Kecap dari Legen Lebih Bercitarasa

519 views
iklan
Kecap dari bahan air legen

Kecap dari bahan air legen

Penakita | SURABAYA – Air legen bisa diubah jadi kecap? Di tangan tiga mahasiswi STIE Perbanas, hal tersebut bisa terwujud.

Erika Permata Yastynda, Siti Nurul dan Ratna Tri Maharani mengolah air sari pohon siwalan itu sehingga menjadi kecap manis. Bedanya, bila kecap berbahan dasar kedelai warnanya hitam pekat, warna kecap dari legen lebih kecoklatan.

Namun, soal rasa kecap ‘air legen’ tak jauh beda dengan kecap kedelai. Malah kecap legen ada citarasa sedikit asam sehingga lebih enak di lidah. Dan karya tiga mahasiswa STIE Perbanas ini berhasil masuk menjadi peserta program kreativitas mahasiswa (PKM) Dikti.

Erika yang ditemui di sela-sela waktu kuliahnya mengaku ide membuat kecap legen berawal ketika masih sekolah di SMAN 1 Tuban. “Saya melihat di Tuban banyak memproduksi legen. Tapi selama ini hanya diminum begitu saja, selebihnya malah disalahgunakan menjadi tuak yang memabukkan,”ceritanya.

Ide itu sempat ditanggapi guru pembimbingnya dengan mengarahkannya untuk menjadi kecap. Namun sebelum produknya jadi, Erika sudah keburu lulus.

Ketika semester awal kuliah di STIE Perbanas dia mendengar ada kompetisi PKM yang bisa diikuti semua mahasiswa. Saat itulah dia teringat pada temuannya itu dan membuat kembali kecap legennya.

Untuk membuatnya, legen ini harus direbus sampai setengah jam sampai mendidih. Kemudian ditambahkan laos, teri, gula merah dan kemiri yang sudah dihaluskan. Setelah tercampur ditunggu hingga mengental. Setelah semua proses selesai, hasil olahan ini ditunggu sampai dingin sebelum dimasukkan ke botol kemasan 140 ml. Mau Coba?? ari

author