banner 468x60

Kecurangan UN Bagaikan Kentut!

332 views
iklan

joki unPenakita | SURABAYA – Ketua Dewan Pendidikan Jatim, Zainuddin Maliki mengatakan, tindakan kecurangan saat pelaksanaan UN diibaratkan seperti kentut. Ada baunya, tapi siapa yang melakukannya sulit untuk ditemukan.

Ia pun meminta kepada siswa agar berani mengakui dan membuat testimoni bila telah terjadi kecurangan yang sistematis. “Berani tidak siswa itu mengakui. Atau jangan-jangan kejadian seperti di Gadel pada tahun lalu terjadi lagi, dimana keluarga dan siswa yang mau mengakui telah terjadi kecurangan justru dimusuhi,” tutur Maliki kepada PENAKITRA.com via telepon, Minggu (21/4/2013).

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya ini pun juga sempat memaparkan hasil temuan salah satu temannya terkait peristiwa yang diduga pembagian bocoran soal. Modusnya, puluhan siswa yang hendak mengikuti UN memilih berangkat pagi dan berkumpul di salah satu rumah siswa. Diduga, mereka ini berbagi bocoran jawaban.

“Teman saya pernah memotret kejadian berkumpulnya puluhan siswa di sebuah rumah salah satu siswa yang diduga berbagi bocoran soal. Ketika saya tantang agar dipublikasikan kepada media, teman saya ini malah tidak berani,” katanya.

Ia pun menambahkan, pihak Kemendikbud diyakini sudah mengetahui bila akan terjadi hal-hal seperti ini. “Memang harus ada yang mengakui dan bersaksi telah terjadi tindakan kecurangan saat pelaksanaan UN, jadi biar bisa dibuktikan kebenarannya dan dilakukan tindakan evaluasi,” tandas Maliki.ika

author