banner 468x60

“Kegagalan UN Bukan Sepenuhnya Tanggung Jawab Balitbang”

411 views
iklan

ujian-nasional- sma Pengunduran diri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof Khairil Anwar Notodiputro disambut baik banyak pihak. Salah satunya adalah Itet Tridjajati Sumarijanto, anggota Komisi X DPR RI.

Menurut Itet, pengunduran diri tersebut sebagai bentuk sikap sportif Khairil Anwar. “”Saya pribadi sangat menyesalkan pengunduran diri Prof Khairil. Namun demikian, saya angkat jempol atas sikap sportif dan gentleman yang ditunjukkannya itu,” demikian kata Itet dalam keterangan persnya, Sabtu (11/5/2013).

Meski begitu, Itet juga mempertanyakan alasan di balik pengunduran diri Khairil tersebut. Dia ingin memastikan pengunduran diri itu merupakan inisiatif pribadi atau karena ada desakan pihak lain.

Menurut Itet, sebenarnya Khairil tidak perlu mengundurkan diri karena persoalan kegagalan UN 2013 sendiri merupakan tanggung jawab Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh. “Mendikbud sangat arogan dengan keluarkan instruksi yang tidak sesuai tupoksi dari Balitbang terkait pengerjaan penggandaan soal dan distribusi soal UN tersebut. Ini jelas-jelas tidak sesuai dengan tupoksinya,” cetus Itet.

Selain itu, Mendikbud juga dinilain otoriter dengan memberikan instruksi tidak sesuai tupoksi lembaga di internal Kemendikbud sendiri. Akibatnya, mereka berjalan sendiri-sendiri tanpa ada koordinasi yang jelas dan berbuntut kegagalan UN 2013.

“Di samping itu, Mendikbud terkesan menyalahkan dan melemparkan tanggung jawab kepada anak buahnya. Dalam hal ini, seharusnya sebagai anak buah Mendikbud, Kabalitbang berani bersuara jika kegagalan UN sepenuhnya bukan tanggung jawab Balitbang,” tutur Itet. dde

author