banner 468x60

Kelulusan SD Tidak Bisa Diumumkan Serempak

363 views
iklan

lulus UNASPenakita | SURABAYA – Berbeda dengan jenjang SMP dan SMA, kelulusan tingkat sekolah dasar (SD) tampaknya tak bisa diumumkan serempak oleh Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur, Sabtu (8/6/2013). Pasalnya, Dindik Jatim tidak ikut andil menentukan kelulusan siswa.

Dindik Jatim juga tidak mengetahui tingkat kelulusan di wilayah ini. Lulus dan tidaknya siswa SD sepenuhnya diserahkan kepada kebijakan sekolah masing-masing.

“Kriteria kelulusan ujian nasional (UN) SD memang beda dengan SMP dan SMA. Untuk tingkat SMP dan SMA kriterianya sudah ditentukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” kata Nuryanto, Kabid TK/SD/PK Dindik Jatim.

Ditambahkan, berdasar ketentuan Kemendikbud, syarat kelulusan untuk siswa SMA dan SMP jika nilai UN-nya tidak di bawah 5,5. Selain itu, nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0.

Sedang untuk jenjang SD tidak ada ketentuan seperti itu dari Kemendikbud. “Tidak ada kriteria siswa SD tidak lulus karena nilai UN-nya jelek. Siswa yang tidak lulus biasanya bukan karena nilainya tidak memenuhi syarat. Tapi, siswa itu tidak lulus karena tidak mengikuti ujian atau karena masalah moral,” beber Nuryanto.

Proses UN SD memang berbeda dengan SMP dan SMA. Nuryanto menyatakan, dalam UN SMA, perguruan tinggilah yang bertugas melakukan scanning, sedangkan proses scoring dilakukan pusat. Untuk UN SMP, tim dari Dindik Jatim yang melakukan scanning, sedangkan scoring dilakukan pusat.

Untuk UN SD, Dindik Jatim hanya bertugas melakukan scoring. Proses scoring itupun menunggu program scoring dan kunci jawaban dari pemerintah pusat, karena mereka yang memegang program dan data tersebut. Untuk program scoring dan kunci jawaban itu baru diberikan oleh pusat pada Selasa (4/6/2013) lalu.  ari

author