banner 468x60

Kepala SMK Jatim Belajar Mobil Listrik ke China

346 views
iklan

Harun, kepala dindik jatimPenakita | SURABAYA – Sebanyak 20 kepala SMK akan berangkat ke China untuk belajar mengenai mobil listrik. Kegiatan itu sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran dengan kompetensi otomotif yang bisa berperan di industri Tanah Air.

Pengirimkan kepala SMK ke China akan dilakukan dua tahap dimulai November 2013 mendatang. “Program ini kami lakukan juga untuk menyongsong era mobil dunia yang tidak tergantung pada bahan bakar minyak (BBM),” kata Dr Harun MSi MM, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur.

Melalui program ini, diharapkan murid SMK di wilayah Jawa Timur bisa mengembangkan perakitan mobil listrik sebagai bagian dari teaching industry. Setelah mendapat materi pembelajaran yang cukup, SMK di Jawa Timur diharapkan bisa membuat prototipe mobil listrik yang andal.

”Di China kami harapkan mereka mempunyai banyak referensi teknologi dan manajemen industri mobil listrik. Pengetahuan tersebut selanjutkan ditularkan ke sekolah untuk pengembangan yang lebih luas,” ujar Harun.

Disinggung mengenai pengembangan mobil BBM yang sudah lebih dulu dikembangkan SMK, mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jatim ini menyatakan tetap jalan terus. “Program mobil listrik ini kami mulai sebagai upaya pengembangan teknologi ramah lingkungan yang kini menjadi isu besar dunia,” tegasnya. ari

author