banner 468x60

Kesanggupan Bayar Bea SPI Tidak Jamin Diterima ITS

733 views
iklan

jalur mandiri ITSPenakita | SURABAYA – Seperti di Universitas Airlangga (Unair), ITS juga memberlakukan ‘uang gedung’ bagi calon mahasiswa barunya. Pungutan ‘uang gedung’ bagi calon mahasiswa baru di ITS diberi nama Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Namun, dibanding Unair, besaran dana yang dipatok bagi calon mahasiswa baru relatif lebih murah. Di ITS nilai SPI berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 45 juta. SPI Rp 45 juta berlaku untuk delapan jurusan yakni Teknik Elektro, Teknik Industri, Manajemen Bisnis, Teknik Multimedia dan Jaringan, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Informasi dan Sistem Informasi.

Sementara di ITS besaran uang kuliah jalur kemitraan dan mandiri menganut nilai UKT tertinggi yakni Rp 7,5 juta per semester untuk semua program studi, kecuali prodi teknik sistem perkapalan double degree sebesar Rp 19,7 juta per semester.

”SPI yang kami tetapkan memang nilai terendah yang harus dibayar calon mahasiswa. Tapi bukan berarti yang sanggup membayar tinggi akan menang dibandingkan di bawahnya. Semua tetap dilihat pada kompetensi yakni nilai SBMPTN. Meski sanggup membayar tinggi tapi nilai rendah tentu tidak akan masuk,” kata Ismaini Zain, Kepala Bagian Akademik ITS.

Dosen Statistika ITS ini lalu mencontohkan tahun lalu, ada salah satu pendaftar yang protes karena sanggup membayar hingga Rp 250 juta, tapi tetap tidak masuk karena nilainya rendah. ”Pendaftar dipersilahkan menulis biaya, tapi itu bukan parameter penilaian,” tegas Ismaini Zain. ari

author