banner 468x60

Kuisioner Uji Kesehatan Bagi Murid SMP Tidak Masuk Akal

403 views
iklan

kuesioner di aceh11Penakita | JAKARTA – Beredarnya kuisioner yang meminta siswa SMP di Sabang, Aceh mengisi ukuran alat kelamin mereka (untuk siswa laki-laki) serta ukuran payudara (bagi murid perempuan) langsung dapat respon beragam. Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait bahkan meminta syarat uji kesehatan di Kota Sabang itu segera dihentikan.

Arist selanjutnya akan meminta penjelasan terkait dicantumkannya ukuran kelamin siswa dalam uji kesehatan tersebut. “Kami akan tulis surat agar kuisioner itu tidak dilanjutkan dan harus ada evaluasi dari Gubernur Aceh,” cetus Arist.

Terpisah, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang Pornografi dan Napza, Maria Advianti pun mengungkap penyesalannya atas peredaran kuisioner itu. Ditandaskan Maria, pertanyaan yang diajukan dalam kuesioner tentang ukuran kelamin sangat tidak masuk akal jika dikaitkan kesehatan reproduksi.

“Pendidikan pada kesehatan reproduksi pada anak seharusnya lebih kepada pencegahan dari perilaku seksual yang keliru dan mencegah kekerasan seksual,” cetusnya.

Sebagaimana diberitakan, Ihwal kuisioner itu diungkap oleh Nurlina, salah satu orangtua murid SMP di Sabang tersebut melalui jejaring sosial Facebook. “Saya sengaja upload ke dunia maya. Dan akhirnya dinaikkan ke media cetak oleh kawan,” paparnya.

Menurut Nurlina saat membuka lembaran awal tak ada yang aneh dalam kuesioner itu. Namun, pada lembaran ke-5, dia kaget lantaran ada pertanyaan mengenai ukuran alat kelamin pria maupun perempuan. dde

author