banner 468x60

Kurang Yodium, Buat Anak Susah Belajar

41 views
iklan

2hispanic_kids_studyPenakita | SURABAYA – Sudah bukan rahasia lagi, kekurangan bahan yodium pada anak bisa berakibat penurunan kualitas kesehatan. Tak cuma itu, dalam sebuah penelitian, kekurangan bahan ini ternyata juga dapat berakibat penurunan kualitas proses belajar anak.

Kemampuan membaca dalam hal in bisa digunakan sebagai indikasi anak Anda kekurangan bahan Yodium.  Karena dalam sebuah penelitian, kekurangan bahan ini bisa menyebabkan anak mengalami masalah dalam literasi, khususnya dalam mengeja kata. Karena kemampuan pendengaran dan kerja memori pendengaran menurun. Tak hanya linguistik, penelitian yang ditemukan oleh para ilmuwan di University of Tasmania ini mengatakan, kekurangan Yodium juga membuat anak sering kesusahan menyelesaikan soal matematikanya.

Untuk mengatasi masalah Neurologi ini, para ilmuwan menyarankan para ibu untuk menambah bahan yodium pada konsumsi makanan harian anak. Karena dalam perkembangan otak, yodium dapat memaksimalkan kemampuan memori, terutama saat awal pertumbuhan dan proses belajar anak.

Pentingnya bahan yodium untuk anak bahkan membuat para ilmuwan menyarankan konsumsi yodium sudah mulai dilakukan saat ibu sedang hamil. Kecukupan konsumsi bahan ini, memberi dampak positif pada perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Seperti dikutip dari Dailymail, Dr Kristen Hynes, salah seorang peneliti mengatakan,”Hasil riset kami menemukan bahwa anak-anak kemungkinan mengalami kekurangan yodium bertahun-tahun setelah kelahiran.”

Demikian hasil riset yang dipublikasikan di Journal of Clinincal Endocrinology & Metabolism. “Meskipun makanan partisipan dibentengi dengan yodium saat kanak-kanak, tetapi suplemen tersebut tidak cukup untuk mengganti dampak dari kekurangan yodium saat dalam kandungan ibu. Untungnya, kekurangan yodium selama kehamilan dan dampak neurologis bisa dicegah,” jelasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan yodium, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan. Diantaranya Salmon dalam kaleng, Keju Cheddar, Es Krim, Telur, Sapi, Babi, Kambing, Apel, Jeruk, Anggur dan Stroberi. adi

author