banner 468x60

Kurikulum 2013 Bawa Enam Perubahan. Ini Rinciannya!

363 views
iklan

m nuhPenakita | SURABAYA – Meski banyak dikritik dan mendapat komentar yang menyudutkan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh optimis pelaksanaan Kurikulum 2013 bisa berjalan dengan baik dan efektif. Mendikbu bahkan menyebut kurikulum baru ini bisa menimbulkan efek domino.

Menurut M Nuh, sedikitnya ada enam perubahan yang dapat dilakukan terkait penerapan Kurikulum 2013. Salah satu diantaranya, kata M Nuh, menyangkut penataan sistem perbukuan.

“Yang terjadi selama ini peran penerbit cukup dominan menyangkut isi maupun harga, sehingga beban berat dipikul peserta didik dan orangtua. Dengan kurikulum ini isi dapat dikendalikan dan kualitas lebih baik, sedang harga bisa ditekan lebih wajar,” demikia tandasnya.

Selain itu, menurut M Nuh, kurikulum ini juga dapat memperkuat budaya sekolah melalui pengintegrasian kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra kurikuler, serta penguatan peran guru bimbingan dan konseling (BK). Kurikulum 2013 bisa pula memperkuat intergrasi pengetahuan-bahasa-budaya.

“Pada kurikulum 2013, peran bahasa Indonesia menjadi dominan, yaitu sebagai saluran mengantarkan kandungan materi dari semua sumber kompetensi kepada peserta didik, sehingga bahasa berkedudukan sebagai penghela mata pelajaran-mata pelajaran lain,” tuturnya.

Mantan Rektor ITS ini pun memapar data, saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melakukan pelatihan terhadap instruktur nasional, guru inti dan guru sasaran yang jumlahnya mencapai 61.074 guru. Rinciannya, sebanyak 572 instruktur nasional, 4.740 guru inti, dan 55.762 guru sasaran. dde

author