banner 468x60

Layar Sentuh Elastis Gantikan Layar Sentuh Konvensional

382 views
iklan

Penakita | SURABAYA – 10 tahun lalu, layar sentuh bisa jadi salah satu teknologi yang membuat siapa saja tercengang saat melihatnya. Kini, teknologi tersebut sepertinya akan usang, karena teknologi terbaru membuat metode ini lebih elastis, lebih baik dari sekedar layar kaca yang kaku.

Perangkat revolusioner layar sentuh fleksibel ini dikembangkan oleh Dahirya Dand dan Rob Hemsley, dua ilmuwan asal Massachusetts Institute of Technology (MIT). Keduanya menemukan teknologi yang diharapkan segera mengganti teknologi layar sentuh konvensional dengan layar sentuh elastis.

Anda mungkin tak akan menemukan teknologi ini di produk Samsung, Apple, HTC, atau Nokia terbaru dalam beberapa tahun ke depan. Karena meski telah diumumkan, generasi terbaru perangkat sentuh ini masih dalam bentuk purwarupa atau masih dalam penyempurnaan. Seperti teknologi lain pada umumnya, diperlukan beberapa kali riset untuk membawa teknologi ini ke produk global.

Seperti layar sentuh pada umumnya, namun  dengan perangkat ini, perintah sentuhan dilakukan di media lebih fleksibel, sehingga bisa menyesuaikan dengan kontur apapun. Rahasia di balik teknologi ini, para ilmuwan menggunakan bantuan proyektor, actuator, depth camera, dan layar berbahan silikon untuk mendeteksi tekanan pada layar.

Cara kerja perangkat bernama Obake ini sangat sederhana  saat disentuh, perangkat ini akan mendeteksi kedalaman gerakan tersebut, sedangkan actuators akan membaca bentuk gerakan yang kita buat di atas layar elastis. Lebih jelas tentang cara kerja teknologi ini, Anda bisa melihatnya di youtube dengan keyword obake touchscreen. adi

author