banner 468x60

Lebih 50 Persen Peserta Penerimaan Dosen Unesa Gagal di Seleksi Administrasi

iklan

unesaPenakita | SURABAYA – Formasi tenaga pendidik di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) diserbu 819 peminat. Padahal, kuota yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hanya untuk 60 orang.

Jumlah itu untuk dosen (52 orang) dan delapan tenaga kependidikan. Kuota paling besar adalah untuk dosen Fakultas Teknik yakni 12 dosen. Disusul dosen Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) sebanyak sembilan dosen.

Menurut Suyatno, Kepala Humas Unesa, dari 819 orang yang mendaftar secara online di laman https://cpns.kemdikbud.go.id, ternyata yang lolos administrasinya hanya 426 orang. Mereka selanjutnya mengikuti tes kemampuan dasar (TKD).

“Peserta yang tidak lolos ini umumnya yang tidak linier. Misalnya S1 Teknik, tetapi S2 nya MIPA,” ucap Suyatno yang juga dosen Sastra Indonesia

Untuk Tes Kemampuan Dasar (TKD) digelar 3 November 2013 serempak se Indonesia. Setelah lolos, mereka akan masuk ke tes kemampuan bidang.

Tes ini menjadi wewenang sepenuhnya Unesa, baik pelaksanaannya maupun keputusannya. Meski begitu, Yatno memastikan tidak akan ada main-main dalam seleksi ini. “Tidak akan bisa dipermainkan karena seleksi ini berjenjang,” tutur Doktor Sastra Anak ini.

Apalgi, lanjutnya, pada tes kemampuan dasar, hasilnya langsung bisa diperoleh sebelum peserta beranjak dari lokasi tes. Dan, peserta yang lolos TKD inilah yang berhak mengikuti TKB.

“Kami jamin tidak akan ada kolusi,” cetus Suyatno. ari

author