banner 468x60

Lebih dari 87.000 Siswa SD Ikut Olimpiade Sains

476 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | JAKARTA – Sebanyak 87.656 siswa SD dari seluruh Indonesia ambil bagian dalam pelaksanaan Olimpiade Sains Kuark (OSK) ketujuh. Pelaksanaan OSK yang digagas Majalah Kuark, majalah komik sains untuk siswa SD ini babak awal dilaksanakan serentak di 33 provinsi.

Kegiatan dalam upaya menumbuhkan kecintaan anak-anak Indonesia pada sains ini terbuka bagi semua siswa SD, baik yang berprestasi maupun yang biasa-biasa saja. Peserta bisa diusulkan dari perwakilan sekolah maupun inisiatif pribadi.

Siswa SD di berbagai daerah yang dibagi dalam tiga level, yakni Level I (kelas I-II), level 2 (kels III – IV), dan level 3 (kelas V-VI SD) ini mengerjakan soal-soal pilihan ganda teori sains.

Di sejumah sekolah juga menggelar acara yang meriah dengan menghadirkan percobaan sains yang asyik dan menyenangkan. Sanny Djohan, pimpinan PT Kuark International, di Jakarta, Minggu (24/2), mengatakan pembukaan OSK dipusatkan di Kota dan Kabupaten Blitar pada Sabtu lalu.

Guru-guru SD di daerah ini juga punya kesempatan untuk mendapakan pengayaan pendidikan sains yang disampaikan Professor Yohanes Surya. Menurut Sanny, selama ini pelaksanaan OSK sudah menjangkau 400.000 siswa di 33 provinsi. Bahkan, siswa dari daerah terpencil yang dijangkau Gerakan Indonesia Mengajar tiap tahun antusias untuk mengikuti OSK.

“Semua anak Indonesia punya kesempatan yang sama untuk menggali potensi dirinya. Karena itu, OSK ini jadi ajang bagi semua anak untuk merasakan kompetisi sains yang asyik. Anak-anak perlu didorong untuk berani ikut kompetisi supaya mereka punya pengalaman untuk mencapai yang terbaik dalam hidup,” kata Sanny.

author