banner 468x60

Lemak Ikan Percepat Anak Lancar Membaca

406 views
iklan

Penakita | LONDON – Nutrisi omega 3 dikenal bermanfaat menunjang kecerdasan anak. Lebih spesifik, ternyata nutrisi yang biasa ditemukan pada minyak ikan ini juga bermanfaat mempercepat prose belajar membaca anak jika dikonsumsi setiap hari.

Dikutip dari laman Guardian, para peneliti menemukan, selain belajar verbal, kemampuan membaca anak ternyata dapat dipercepat dengan konsumsi harian nutrisi asam lemak ikan, makanan laut dan ganggang.

Dalam penelitian yang dilakukan Oxford University, para ilmuwan menemukan khasiat 600 mg Omega 3 harian secara signifikan memberi perubahan positif pada tujuh diantara sembilan anak. Proses belajar membaca anak dapat dipercepat hanya dalam waktu 4 bulan setelah mengonsumsi rutin nutrisi ini.

Alex Richardson, pemimpin studi ini percaya adanya hubungan antara lemak asam Omega 3 dengan peningkatan proses belajar Anak. Menurutnya, Omega-3 atau asam lemak, seperti asam docosahexaenoic (DHA), memainkan peran penting dalam perkembangan otak. Yakni dengan mendukung pertumbuhan neuron dan menjaga hubungan mereka satu sama lain.

Sementara itu, fakta soal hal yang sama juga dipelajari Michael Crawford, di Imperial College London. Ia juga mempelajari hubungan DHA dan pengaruh perkembangan otak. Ia mengatakan bahwa sebenarnya substansi ini pada dasarnya memang memberi dampak positif yang signifikan. Bahkan bisa saja terjadi sejak anak masih berada dalam rahim.

Meski demikian, menurut Crawford dibutuhkan studi lebih jauh tentang kebenaran Omega 3 percepat kemampuan anak dalam proses belajar membaca. Rincian studi ini sendiri telah diterbitkan dalam PLoS One jurnal. adi

author