banner 468x60

Lembar Jawaban UN Rusak, Panitia Periksa Secara Manual

451 views
iklan

ujian-nasional-2013Penakita | JAKARTA – Meski pelaksanaan ujian nasional (UN) sempat amburadul, namun Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 menjamin seleksi akan dilakukan obyektif. Siswa peserta UN diminta tidak khawatir terhadap hasil UN yang akan diumumkan pada 24 Mei 2013.

“Selama mengerjakan dengan baik dan benar ya jangan merasa takut. Jika ada kendala seperti lembar jawaban rusak, tidak usah khawatir karena panitia akan memeriksa secara manual. Kami akan lakukan upaya agar anak-anak tetap memperoleh haknya. Jadi tidak usah cemas,” tegas Akhmaloka, Ketua umum Panitia SNMPTN 2013.

Pernyataan tersebut disampaikan Akhmaloka terkait banyaknya tuntutan agar hasil UN dibatalkan sebagai syarat untuk SNMPTN. Akhmaloka menandaskan, hasil UN masih tetap jadi acuan lulus SNMPTN.

Menurut Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini, tidak masuk akal bila seorang anak tidak lulus UN tapi bisa diterima di sebuah PTN karena syarat melanjutkan pendidikan tinggi adalah lulus jenjang pendidikan sebelumnya.

“Kalau UN tidak lulus ya tidak bisa diterima di PTN. Logika saja, tidak lulus UN tapi masuk ITB atau UGM. Kan kalau mau masuk universitas harus sudah punya ijazah menengah atas,” pungkasnya.  dde

author