• Home »
  • Beasiswa »
  • Lewat Banyuwangi Cerdas, Anak Muda Banyuwangi Diberi Kesempatan Belajar Gratis di ISI Solo

Lewat Banyuwangi Cerdas, Anak Muda Banyuwangi Diberi Kesempatan Belajar Gratis di ISI Solo

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas

Penakita | BANYUWANGI – Ini kabar baik bagi warga Kabupaten Banyuwangi, terutama anak muda yang berniat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Pemerintah daerah setempat memberi kesempatan kuliah gratis lewat program beasiswa Banyuwangi Cerdas di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Masyarakat Banyuwangi selama ini dikenal memiliki jiwa seni tinggi. Karena itu pula, Pemkab Banyuwangi bertekad mendukung anak-anak muda yang berniat memperdalam ilmu tentang seni dan budaya.

“Tujuannya tentu agar pengetahuan mereka tentang seni dan budaya ini makin berkualitas. Selain itu lewat pendidikan ini mereka juga punya manajemen yang lebih baik,” kata Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi, Sabtu (7/7/2018).

Diakui Azwar Anas, pemberian beasiswa Banyuwangi Cerdas itu dilakukan setelah Pemkab Banyuwangi sepakat menjalin kerjasama dengan ISI Solo. Disamping biaya kuliah gratis, mereka mendapat uang saku yang besarannya Rp 600.000 per bulan.

“Jadi anak-anak muda Banyuwangi bisa memperdalam ilmu seni di ISI Solo. Silakan pilih, bisa belajar seni tari, etnomusikologi, desain komunikasi visual, televisi dan film, seni teater, dan beberapa lagi jurusan yang tersedia,” ujarnya.

Kerja sama dengan ISI Solo menambah daftar kampus yang telah bersinergi dengan Pemkab Banyuwangi untuk menjadi tujuan belajar bagi anak-anak muda setempat. Sinergi lain yang sudah dilakukan adalah dengan Universitas Airlangga, Universitas Jember, Institut Agama Islam Negeri Jember, dan Universitas Terbuka.

Di luar kampus-kampus tersebut, anak muda Banyuwangi tetap bisa mengajukan beasiswa melalui dinas pendidikan. Selain kampus yang telah bekerja sama, beasiswa Banyuwangi Cerdas telah membiayai anak-anak muda Banyuwangi yang menempuh pendidikan di ITS, Universitas Brawijaya, Universitas 17 Agustus, UI, IPB, UGM, dan ITB. din