banner 468x60

Lewat Film Guru Bisa Ajarkan Tentang Kehidupan

393 views
iklan

DewiHughesPenakita | JAKARTA – Film diyakini bisa jadi media mengajar yang efektif bagi seorang guru. Melalui film pula seorang guru akan terbuka mata hatinya bahwa menjadi guru bukan semata mengajar murid di kelas, tetapi sekaligus mengajar tentang kehidupan.

Bertolak dari keyakinan tersebut, Dewi Hughes menyambut baik kegiatan Nonton Bareng Film Inspiratif 2013. “Kami mengajak para guru untuk ‘membaca film’, bukan sekedar nonton film. Membaca bahwa yang dia tonton di film itu terjadi di kehidupan mereka. Dari situ kami harap guru bisa jadi agen perubahan. Harus guru dulu yang berubah, baru anak didiknya,” demikian ujar Hughes, presenter yang belakangan akrab dengan dunia anak-anak.

Ditemui di sela–sela acara Persemaian Nilai Budaya–Nonton Bareng Film Inspiratif 2013 di La Tansa Hall, Lebak, Banten baru-baru ini, Hughes menegaskan,”Guru ini pusaka bangsa. Kalau pusakanya tumbang, pusakanya nggak kuat, bagaimana mau bikin bangsa ini kuat. Dengan membuat acara seperti ini, membuka mata hati mereka bahwa jadi guru itu bukan semata-mata semua mengajari anak di kelas, tapi bagaimana mengajarkan mereka tentang kehidupan.”

Nonton Bareng Film Inspiratif 2013 yang diadakan di Pandeglang, Tangerang, dan Lebak Provinsi Banten ini diisi kegiatan menonton bersama beberapa film box office Indonesia seperti Negeri Lima Menara, Hasduk Berpola dan Tampan Tailor. Film-film tersebut memiliki benang merah yang sama, yakni bagaimana selalu berjuang dan meraih yang terbaik dalam kehidupan.

Pemilik nama Desak Made Hugeshia Dewi ini pun menganggap sudah waktunya film bukan hanya sebagai produk budaya semata, tapi juga media alternatif untuk pembelajaran generasi muda. “Saat ini adalah generasi digital. Sudah tidak ampuh jika kita sekarang ingin menyampaikan pesan lewat media konservatif. Kita memerlukan media teknologi digital yang dapat diserap dengan mudah, dan film adalah media yang tepat. Tentunya dalam memilih film yang baik atau dengan kata lain inspiratif itu tidak mudah dan memerlukan keterbukaan pemikiran orangtua dan guru,” paparnya.

Tak hanya nonton bareng, rangkaian kegiatan ini juga diperkaya dengan pengantar motivasi serta diskusi interaktif dengan narasumber TB Dedy S Gumelar atau akrab disapa Miing sebagai anggota komisi X DPR, Widya Wardhani Ichram selaku Produser Negeri 5 Menara dan bintang film Hasduk Berpola, Heri Savalas. dde

author