banner 468x60

Lidah Mertua Bisa Netralisir Polusi dan Mengurai Zat Beracun

455 views
iklan

sansevieria_trifasciata_lidah mertuaPenakita | YOGYAKARTA – Siapa sangka tanaman yang biasa disebut lidah mertua ini punya manfaat luar biasa bagi manusia, khususnya untuk peningkatan kesehatan yang penuh dengan zat polutan ini. Berkat kecermatan dan ketelitian yang dilakukan Erista Viona Anjungsari, Febrian Solikhin, Rika Rosmalinda, Sukci Winanti, dan Aan Dwi Nurcahyo diperoleh temuan bahwa tanaman yang nama aslinya adalah Sansevieria ini mampu menyerap polutan, khususnya jenis logam perak (Ag).

Para mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta tersebut mengungkap temuan mereka dalam karya tulis berjudul Pengaruh Lama Adsorbsi Ekstrak Sansevieria, sebagai Adsorben Logam Ag dari Limbah Industri Perak di Kotagede. “Lidah mertua merupakan tanaman yang punya banyak kelebihan, seperti dapat bertahan hidup pada rentang waktu suhu dan cahaya yang sangat luas, serta sangat resisten terhadap polutan,” beber Erista yang diamini keempat kawannya.

Mahasiswa yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKMP) ini membuktikan pula kemampuan tanaman lidah mertua dalam menyerap 107 jenis polutan di daerah padat lalu lintas dan ruangan yang penuh asap rokok. Selain itu, dalam tiap helai daun Sansevieria ada pregnane glycoside, zat yang mampu mengurai zat beracun menjadi senyawa organik, gula, dan asam amino.

Menurut Erista, lama adsorbsi ekstrak Sansevieria sebagai adsorben logam Ag dari limbah industri perak di Kotagede mencapai satu sampai tiga hari. Contoh yang mereka gunakan adalah Sansevieria dengan berat 19 kg yang dipotong-potong lalu dikeringkan menggunakan oven dengan suhu 55 derajat Celcius.

“Dari proses tersebut diperoleh berat kering lidah mertua sebanyak 2 kg. Kandungan air dalam Sansevieria mencapai 89,474 persen, sehingga diperlukan proses pengeringan dua sampai tiga hari,” kata Erista. adi

author