banner 468x60

LOLOS UTBK, Lulusan SMA/SMK Bisa Pilih 85 PTN

296 views
iklan

Penakita.com | SURABAYA – Selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), lulusan SMA/SMK  dan sederajat bisa menempuh jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk masuk perguruan tinggi negeri yang diinginkan.

Tetapi, sebelum masuk tahapan itu, mereka terlebih dulu harus menjalani Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang akan diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

Ujian yang dilaksanakan secara elektronik menggunakan perangkat komputer ini sifatnya wajib diikuti bagi setiap calon peserta SBMPTN. Terdapat dua jenis tes yang tersedia, yakni kelompok sains dan teknik (saintek) dan sosial humaniora (soshum).

Syarat peserta UTBK bisa diikuti oleh siswa kelas 12 SMA/SMK sederajat tahun 2019, atau lulusan SMA/SMK sederajat tahun kelulusan 2017 dan 2018. Selain itu, peserta didik kejar paket C tahun 2019 dan lulusan kejar paket C tahun 2017 dan 2018 juga bisa mengikutinya.

Baca Juga : http://penakita.com/berlangsung-hingga-4-mei-tes-utbk-gelombang-pertama-diikuti-hampir-700-000-peserta/

Peserta bisa melakukan pendaftaran ke laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id dengan memasukkan nomor NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password. Selanjutnya, calon peserta memasukkan data yang diminta termasuk jadwal tes yang diinginkan.

Proses terakhir adalah melakukan pembayaran di bank-bank tertentu sejumlah Rp 200.000 per-tes. Untuk calon peserta yang sudah diterima sebagai peserta bidikmisi maka tidak dikenai biaya.  

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) 2019 masih berlangsung hingga 4 Mei 2019 mendatang. Dilansir dari situs SBMPTN, terdapat 85 perguruan tinggi negeri (PTN) yang dapat dipilih peserta UTBK tahun ini.   

Bagi mereka yang melakukan pendaftaran UTBK pada periode 1 Maret-1 April 2019, pelansanaan ujian diselenggarakan 13 April- 26 Mei 2019 setiap Sabtu dan Minggu. Pengumuman akan dikeluarkan maksimal 10 hari setelah pelaksanaan UTBK. wid

author