banner 468x60

Lupa Tulis Kode, Soal Ujian Tulis SBMPTN Tidak Dinilai

510 views
iklan

ujian SBMPTNPenakita | SURABAYA – Ada syarat lain yang tak boleh dilupakan siswa saat mengerjakan soal-soal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Agar naskah soal yang mereka kerjakan bisa lolos koreksi petugas, mereka harus menuliskan kode soal di lembar jawaban komputer (LJK).

Informasi yang diperoleh PENAKITA.com menyatakan, pada hari pertama ujian tulis SBMPTN (Selasa, 18/6/2013), ada 15 peserta yang tidak mencantumkan kode soalnya. Sedang di hari kedua (Rabu, 19/6/2013), menyusut jadi tujuh peserta.

“Peserta yang lupa mengisi kode soal pada lembar jawaban kemungkinan lolos tipis. Sebab, kode soal itu sudah terintegrasi dengan kunci jawaban yang dipakai saat proses penilaian,” kata Bekti Cahyo Hidayanto, Humas SBMPTN dari ITS.

Kemungkinan lembar jawabannya itu dicocokkan oleh tim skoring juga sangat tipis karena biasanya, ketika di-scan LJK sulit terbaca sehingga nilai dari peserta itu akan kosong. “Kami sudah memperingatkan mengenai hal ini sebelum mereka mengerjakan. Tetapi memang banyak yang lalai,” ungkapnya. ari

author