banner 468x60

M Nuh : Temuan Itjen Kemendikbud Sudah di KPK dan Presiden

488 views
iklan

m nuhPenakita | JAKARTA – Setelah menyampaikan temuan Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemendikbud) terkait dugaan korupsi proyek promosi budaya di jajarannya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh, juga melaporkan hal yang sama ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Berkas yang disampaikan M Nuh ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lengkap beserta klarifikasi Wakil Menteri Kebudayaan, Wiendu Nuryanti.

“Sebagai bawahan beliau saya tentu harus melaporkan setiap peristiwa yang terjadi di jajaran saya,” demikian tegas Mendikbud, Selasa (4/6/2013).

Namun, mantan Rektor ITS ini enggan berkomentar soal temuan Itjen Kemendikbud. M Nuh juga tak berani menyimpulkan mengenai klarifikasi Wiendu yang ketika kasus itu terjadi masih menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Dirjen Kebudayaan.

Mendikbud juga mengelak ketika diminta komentar seputar reaksi SBY atas laporannya tersebut. “Supaya tidak menimbulkan fitnah. Saya tidak mau berkomentar apa pun,” cetusnya singkat.

M Nuh menambahkan dirinya khawatir apa pun komentarnya nanti bisa dituding untuk membangun opini tertentu. “Padahal itu sudah ditangani KPK. Monggo KPK yang berikan penilaian dan saya siap bantu, Bu Wiendu siap bantu. Siapa pun kalau salah harus bertanggung jawab,” ujarnya.

Mengenai laporan Itjen Kemendikbud ke KPK, M Nuh sudah meminta Abraham Samad (Ketua KPK), agar KPK mempelajari temuan Itjen. Dan bila memang ada indikasi pidana korupsi, Mendikbud meminta KPK menyelidiki dan menindak jajarannya yang melakukan penyimpangan sesuai proporsinya. dde

author