banner 468x60

Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Masuk Pesantren

iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | SURABAYA – Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya bakal menampung seluruh mahasiswa baru dalam sebuah pesantren atau asrama mahasiswa. Bila ruang di pesantren tersebut tidak mencukupi, sivitas akademika ini akan bekerjasama dengan masyarakat sekitar kampus yang menyediakan tempat tinggal berupa kos untuk mahasiswa.

”Kami akan mengundang pemilik kos untuk order tempat bagi mahasiswa baru. Tujuannya kerjasama ini agar mahasiswa selain tinggal juga bisa mengikuti program pembinaan maba di kampus,” ujar Prof Abdul A’la, Rektor UINSA Surabaya beberapa waktu lalu.

Ada pun mengenai pembiayaan, A’la menjamin besaran biaya kuliah yang diberlakukan tetap mengacu seperti ketika masih berstatus IAIN. UINSA juga akan memberlakukan uang kuliah tunggal (UKT) yang besarnya minimal Rp 500.000.

”Saya sudah inta Pembantu Rektor 2 untuk menyusun UKT yang terjangkau. Paling tidak minimal 5 persen dari total mahasiswa hanya dikenakan UKT Rp 500.000,” ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan IAIN Sunan Ampel Surabaya bakal memiliki sejumlah fakultas dan program studi baru. Ada empat fakultas baru yang akan melengkapi perguruan tinggi di Jl Ahmad Yani Surabaya ini, yaitu Fakultas Kesehatan (FKES), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Sains dan Teknologi (Fa. Saintek) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Rinciannya, FKES terdiri dari Program Studi (Prodi) Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kebidanan. FEBI membuka Prodi Ekonomi Syariah dan Ilmu Ekonomi, di Fakultas Saintek ada Prodi Sistem Informasi, Arsitektur, Ilmu Manajemen Kelautan, llmu dan Teknologi Lingkungan, Biologi, Matematika, Teknologi Ilmu Kelautan. Sedang di FISIP terdiri dari Prodi Sosiologi, Psikologi dan Ilmu Politik.

Pengembangan fakultas ini menyusul perubahan status perguruan tinggi negeri ini menjadi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Fakultas dan prodi baru itu bakal menerima mahasiswa baru mulai tahun ajaran 2014-2015. ari

author