banner 468x60

Mahasiswa Dong Eui Pamer Gangnam Style di Untag

519 views
iklan

tukar budaya korea UntagPenakita | SURABAYA – Atraksi seni dan olahraga mewarnai acara buka puasa yang diselenggarakan sivitas akademika Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, Kamis (18/7/2013). Acara apik yang digelar di Gedung Widya itu juga disaksikan ratusan anak yatim piatu yang sengaja diundang untuk berbuka bersama para mahasiswa.

Dalam acara tersebut hadir 30 mahasiswa Dong Eui University, Busan, Korsel untuk bertukar budaya dengan mahasiswa Untag. Pertunjukan diawali tampilan puluhan mahasiswa Dong Eui University yang pamer tari Gangnam Style. Atraksi yang sempat mengguncang dunia ini tak ayal mendapat sambutan meriah undangan.

Para penonton bahkan turut bergoyang di tempat masing-masing. Suasana kian riuh saat mahasiswa Untag menyajikan tarian Buchaechum. Tari asal Korea yang mengandalkan formasi kipas ditampilkan dengan apik lengkap dengan kostum tradisional Negeri Ginseng itu.

Di sesi olahraga, mahasiswa Untag memamerkan ilmu pencak silat lengkap dengan aksi debus. Dihadapan penonton, mahasiswa ini memeragakan aksi mereka yang tidak terluka saat disayat senjata tajam. Selain itu, ada pula aksi membaca dengan mata tertutup.

Sementara mahasiswa Dong Eui menampilkan seni Taekwondo. Para mahasiswa Korea ini menggelar aksinya dengan iringan musik ala gangnam style yang dimainkan di sela-sela atraksi.

“Acara seperti ini sengaja kami buat untuk memberi suasana berbeda saja. Lagipula ini juga wujud dari kerjasama kami dengan Dong Eui University,” kata Prof Ida Ayu Brahmasari, Rektor Untag.

Menurut Ida Ayu Brahmasari, selama ini Untag merupakan perwakilan Perguruan Tinggi (PT) yang ditunjuk Korsel untuk mengajarkan Bahasa Korea. Keinginan Korsel mengenalkan budaya dan bahasa antara lain diwujudkan dalam bentuk pengiriman sejumlah tenaga pendidik untuk mengajar di Untag. ari

author