banner 468x60

Mahasiswa Ma Chung Bisa Pinjam Bea Kuliah di BSM Tanpa Agunan

441 views
iklan

universitas Ma Chung MalangPenakita | MALANG – Universitas Ma Chung (UMC) dan Bank Syariah Mandiri (BSM) Malang telah menjalin kerja sama terkait bantuan pinjaman biaya pendidikan. Lewat MoU yang sudah disepakati bersama, mahasiswa UMC bisa melakukan pinjaman biaya kuliah di BSM Malang tanpa agunan dan tanpa bunga.

“Ini tentu sangat meringaknkan bagi orangtua dan mahasiswa itu sendiri,” tutur Leenawaty Limantara PhD, Rektor UMC.

Wanita yang biasa disapa Shinta ini memaparkan, total biaya kuliah di UMC semua jurusan ada di kisaran Rp 75 juta–Rp 86 juta. Mahasiswa diberi peluang melakukan pinjaman sebesar bea pendidikan tersebut dan nantinya membayar cicilan perbulan dalam jangka waktu maksimal lima tahun.

“Sesuai prinsip BSM yang syariah, pinjaman walau sampai lima tahun sekalipun, nanti mahasiswa kami tetap mengembalikan seperti jumlah yang dipinjamnya,” ungkapnya.

Shinta menjelaskan jalinan kerjasama melalui program yang diberi nama Free of Interest Education Support Tuition (FINEST) ini benar-benar bersifat sosial. Jika di tengah jalan ada problem ekonomi pada keluarga mahasiswa UMC, pinjaman ini tidak akan diputus dan tetap berjalan seperti biasa.

Shinta optimis mahasiswa UMC bisa melunasi pinjaman sampai maksimal lima tahun. Pasalnya, lulusan UMC tidak sampai lima tahun sudah bekerja. “Tenggang waktu menganggur mahasiswa setelah lulus maksimal empat bulan, tapi banyak yang langsung bekerja setelah lulus. Lima tahun maksimal pinjaman, pasti bisa dibayar atas hasil keringat mahasiswa tersebut,” ujarnya. sum

author