Mahasiswa Perguruan Tinggi Ini Bisa Magang di Taman Rekreasi Sengkaling

Kampus Universitas Muhammadiyah Malang

Kampus Universitas Muhammadiyah Malang

Penakita | MALANG – Sejak mengakuisisi Taman Rekreasi Sengkaling (TRS) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) makin antusias menciptakan iklim kewirausahaan bagi mahasiswanya. Di unit-unit bisnis yang dimiliki UMM, seperti TRS, hotel, SPBU, ruko-ruko inilah para mahasiswa UMM bisa magang dan belajar manajemen bisnis.

“Setelah unit-unit bisnis ini berjalan dan berkembang, baru bisa dimanfaatkan para mahasiswa sebagai sarana laboratorium akademik untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan,” papar Nasrullah MSi, Kepala Humas UMM sambil menambahkan semangat kewirausahaan ini sudah dibangun sejak 2004.

Nasrullah lalu memberi contoh, di UMM Inn banyak mahasiswa Ekonomi, PR, dan lainnya magang di hotel yang dikelola UMM tersebut. “Bahkan ada mahasiswi asal Kalimantan yang belajar manajemen SPBU sebab nanti setelah lulus ia berencana membuka SPBU di kampung halanmannya,” tuturnya.

Ditekankan Nasrullah, meski tidak mendeklarasikan diri sebagai kampus entrepreneurship, UMM akan mewadahi para mahasiswanya yang memiliki usaha kecil-kecilan dengan memberikan bantuan modal. “Kami punya Career Center (CC) sebagai wadah mahasiswa yang punya jiwa kewirausahaan,” cetusnya.

Di CC ini, lanjut Nasrullah, pihaknya bekerjasama dengan berbagai pihak yang ingin melakukan CSR berupa pemberian modal usaha kepada mahasiswa. Dan untuk menggenjot semangat wirausaha mahasiswa, Kampus Putih ini berencana mendirikan Warung Kreatif di TRS, sebagai tempat mahasiswa memamerkan dan menjual produk usahanya.

“Di 2014 ini juga kami mulai pembangunan mall di depan Masjid AR Fachruddin. Diharapkan produk-produk mahasiswa yang ada di mall ini nanti menjadi produk yang berstandar SNI,” pungkasnya. sum