banner 468x60

Mahasiswa PPG Ikut Pelatihan Instruktur Kurikulum 2013

352 views
iklan

kurikulum 2013Penakita | SURABAYA – Mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) juga akan dilibatkan dalam kegiatan pelatihan instruktur Kurikulum 2013. Mereka akan menjalani pelatihan bersama 240 dosen serta guru yang melanjutkan program S2 dan S3.

“Mereka (mahasiswa program PPG) ini telah lulus dalam program sarjana mendidik di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (SM3T),” begitu ujar Martadi, tim PGG Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menurut Martadi, dalam pelatihan tersebut akan dijelaskan konsep dan literasi Kurikulum 2013 serta kompetensi inti dan dasar sekaligus menerjemahkan dalam ranah pembelajaran. “Pelatihan ini juga akan melibatkan pusat kurikulum (puskur) yang akan memfasilitasi serta terlibat dalam pendampingan,” paparnya sambil menambahkan, saat pelatihan nanti para peserta diberikan babon kurikulum termasuk buku contoh dan silabusnya.

Dari ratusan peserta pelatihan ini tidak langsung diterjunkan dalam proses pendampingan. Ditekankan Martadi, pihaknya hanya akan meluluskan peserta yang mampu menguasai materi serta berkomitmen untuk menyukseskan penerapan kurikulum 2013.

“Kami ingin semua yang diturunkan untuk pendampingan nanti punya kompetensi sehingga standarisasi lebih bisa dipertanggungjawabkan,” tuturnya.

Sebagaimana diberitakan Unesa bakal memberi pelatihan pada 240 mahasiswa S2, S3, dan dosen. Mereka disiapkan menjadi instruktur yang akan memberikan pendampingan aplikasi kurikulum ke guru sekolah. Sebagian mahasiswa S2 ini adalah penerima beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud). ari

author