Mahasiswa UK Petra Demo Anti Kanker

breast cancer survivorPenakita | SURABAYA – “Cek Kiri, Cek Kanan, Ayo Cegah Breast Cancer.” Seruan yel-yel itu riuh terdengar di Jl Raya Darmo, Minggu (22/9/2013).

Pagi itu di tengah kegiatan Car Free Day, 30 orang mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya menggelar aksi ‘demo’. Dibalut pakaian warna pink mereka serempak meneriakkan yel-yel tersebut sehingga menarik perhatian masyarakat yang sedang menikmati suasana di kawasan Taman Bungkul itu.

Tak hanya itu. Mereka menggelar pawai di sepanjang jalan protokol di Surabaya itu sambil membawa spanduk bertuliskan ajakan untuk melawan kanker payudara, balon warna pink, serta simbol pita untuk penderita kanker.

Para mahasiswa ini membagikan pula brosur yang berisi cara mendeteksi kanker payudara sejak dini kepada orang-orang di sekitar mereka. Mereka terdiri dari mahasiswa konsentrasi Public Relations yang sedang belajar mata kuliah Manajemen Event di bawah pengajaran Ika Damajanti.

Selain mahasiswa, beberapa anggota Reach to Recovery Surabaya (RRS), komunitas para survivor kanker payudara pun ikut melakukan pawai lengkap dengan pakaian warna pink dan balon. Salah seorang di antara mereka juga membagikan pita berwarna pink, simbol bagi penderita kanker payudara.

“Sejak tahun 2009 kami rutin mengadakan even ini tiap tahun. Nanti bulan Oktober, akan ada rangkaian acara lanjutan yang juga mengampanyekan gerakan anti kanker payudara,” tutur Ika Damajanti, dosen mata kuliah sekaligus koordinator program RRS, sebuah komunitas para survivor kanker payudara. adi