banner 468x60

Mahasiswa Untag Ciptakan Aplikasi Bahasa Isyarat

497 views
iklan
Rendy dan hasil karyanya

Rendy dan hasil karyanya

Penakita | SURABAYA – Mahasiswa jurusan Teknik Informatika Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya ini belakangan santer jadi buah bibir di kampusnya. Pasalnya, pria bernama lengkap Rendy Gunawan sukses menciptakan aplikasi multimedia pembelajaran bahasa insyarat bagi penderita tuna rungu.

Aplikasi canggih yang berfungsi sebagai media pembelajaran interaktif bahasa isyarat siswa SD ini diciptakan untuk memenuhi tugas akhirnya sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. “Saya terinspirasi dari beberapa artikel di internet mengenai siswa penderita tunarungu dalam mempelajari bahasa isyarat, sebagai bahasa komunikasi yang mereka gunakan sehari-hari. Selama ini semua itu mereka pelajari dari buku bahasa isyarat. Kurang interaktif dan membosankan sepertinya,” kata cowok yang akrab disapa Rendy ini kepada PENAKITA, Kamis (7/3/2013).

Pembuatan aplikasi ini, ungkap Rendy memakan waktu kurang lebih dua sampai bulan. Rendy mengaku, membuat aplikasi ini bukanlah sesuatu yang mudah. Sebab, ia harus membuat animasi dari ikon aplikasi pembelajaran bahasa isyarat tersebut.

“Yang paling susah itu membuat animasi-animasinya, untuk ikon aplikasi ini. Membuat karakter tiga dimensi itu memakan waktu hingga tiga minggu,” tandas mahasiswa kelahiran Surabaya, 13 April 1988 ini. ika

author