banner 468x60

Mahasiswa Untag Ciptakan Software Setelah Kumpulkan Ribuan Plat Nomor

570 views
iklan
Harry Budianto

Harry Budianto

Penakita | SURABAYA – Cowok bernama lengkap Harry Budianto, atau yang lebih akrab disapa Harry ini, merupakan salah satu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag) yang kreatif.

Untuk memenuhi tugas akhirnya sebagai mahasiswa di jurusan teknik informatika, remaja yang satu ini menciptakan software License Plate Detection (LPD). Software canggih ini berfungsi sebagai pendeteksi plat nomor kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor. Software karya Harry ini bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan sekuriti parkir mendata dan mengamankan sepeda motor, yang masuk dan parkir di lokasi tersebut.

“Saya terinsipirasi dari hasil penelitian dosen pembimbing saya, yang menciptakan program serupa dengan menggunakan kamera foto. Nah, lalu saya kembangkan lagi dengan menggunakan kamera video. Dengan video, software ini memiliki kecepatan dan ketepatan yang lebih baik,” Tutur Harry kepada PENAKITA.com, Senin, (4/3/2013).

Pembuatan LPD ini, ungkap Harry memakan waktu selama kurang lebih tiga sampai empat bulan. Harry mengaku, membuat software ini bukanlah sesuatu yang mudah. Sebab, ia harus mengumpulkan ribuan sampel plat nomor sepeda motor, untuk menguji keberhasilan software tersebut.

“Yang paling susah adalah menguji atau mengetes software itu sendiri. Saya harus mengumpulkan foto 2800 plat sepeda motor dari berbagai tempat, dengan menggunakan kamera handphone. Itu memakan waktu dan sangat melelahkan,” tandas mahasiswa kelahiran 6 November 1991 ini. ika

author