banner 468x60

Makanan-makanan Ini Bisa Jauhkan Stres

448 views
iklan

http://www.dreamstime.com/-image14444496Penakita | SURABAYA – Stres ternyata tak cuma bisa ditangkal dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Konsumsi bahan makanan tertentu juga bisa menghilangkan kondisi yang tang mengenakkan ini. Selain mengisi perut, bahan makanan bergizi ini juga menyehatkan, sekaligus usir jauh-jauh potensi stres sehari-hari kita.

Stres yang muncul sering berakibat pada penurunan kualitas kesehatan seseorang. Bukan hanya kesehatan psikis, hal ini juga berdampak pada penurunan kualitas kesehatan kita sehari-hari. Artinya, daya tahan tubuh yang menurun sering berakibat pada hinggapnya berbagai macam jenis penyakit. Seperti sakit kepala, demam, flu, hingga tekanan darah tinggi, dan jantung.

Untuk mencegah stres ternyata dapat dilakukan dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu, seperti ;
Ikan : bahan makanan ini mengandung omega 3 yang tentu saja baik untuk kesehatan dan perkembangan otak. Fungsi lainnya, konsumsi ikan akan menjauhkan kita dari potensi stres yang datang dari aktivitas sehari-hari.

Brokoli : selain kaya vitamin c, brokoli ternyata juga dapat jauhkan kita dari Stres. Menurut ahli gizi dari India, Maithili Kelkar, brokoli mengandung zat antioksidan yang selain menjauhkan kita dari sakit, juga dapat mengurangi stres. Tak cuma itu, vitamin B dan asam folat membuat brokoli juga dapat mengatasi panik, gelisah, hingga depresi.

Susu: kandungan kalsium di dalam susu pun dapat menenangkan hati. Menurut penelitian di University of California, San Fransisco oleh Mary Dallman PhD, profesor fisiologi hal ini dapat berdampak pada penurunan risiko stres pada seseorang dengan mengurangi ketegangan otot dan menenangkan syaraf.

Cokelat hitam : menurut ACS’ Journal of Proteme Research, konsumsi satu ons cokelat hitam sehari selama 2 minggu dapat meredakan stres. Hal ini karena polifenol yang terdapat di dalamnya. adi

author